Webinar Nasional PIAUD IAI Al-Qodiri, IGTKI dan FKG PAI Kab. Jember

JEMBER. Setiap tanggal 23 Juli, kita memperingati Hari Anak Nasional (HAN) dan tahun 2021 merupakan kali ke dua peringatan Hari Anak Nasional dalam situasi Covid-19, seperti pada tahun sebelumnya.

HAN dikutip dari National Geographic Indonesia, peringatan Hari Anak Nasional jatuh pada 23 Juli. Hal ini karena mengacu pada disahkannya UU Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak serta pertama kali diperingati pada Tahun 1985.

Pada kesempatan kali ini, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) IAI A-Qodiri Jember memperingati Hari Anak Nasional 2021 berkerjasama dengan IGTKI Kab. Jember dan FKG PAI TK Kab. Jember melaksanakan Webinar dengan tema, “Membangun Ekosistem Pembelajaran Ramah dan Menyenangkan Anak Era New Normal”.

Ketua FKG PAI Kab Jember sekaligus pengurus IGTKI Jawa Timur bapak Muhriyadi, MM. menjelaskan bahwa, kegiatan webinar kali ini berlangsung selama 4 hari yakni dimulai dari tanggal 28-31 Juli 2021. Pesertanya melibatkan para guru TK, wali murid, mahasiwa PIAUD IAI Al-Qodiri Jember dan khalayak umum. Pemateri yang mengisi kegiatan diantaranya, : Kak Ojan Pendongeng dari Jakarta, Dr. Cep Unang Wardaya dari P4TK TK dan PLB Bandung, Anik Sudiartini, M.Pd KS SMKPP N Bondowoso serta Kepala BPMPK Pustekom Kemendikbudristek di Semarang.

Materi yang disampaikan dalam webinar diantaranya, “Membangun Ekosistem Pembelajaran di TK melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan, Pembelajaran dengan Paradigma Baru berbasis STEAM dengan Media Loosepart, dan Teknik Bercerita yang Memberdayakan Anak, serta Pemanfaatan Mobile Edukasi sebagai Menu Tambahan Pembelajaran Anak di Rumah,” ungkap beliau.

“Saat ini, Indonesia masih dalam suasana pandemi Covid-19, di antara kalian masih ada yang harus belajar, ibadah, main, olahraga di rumah sehingga tidak bisa berkumpul dengan teman-teman seperti biasanya apalagi PPKM berlevel sedang diberlakukan. Meskipun kurang nyaman, bukan berarti harus sedih dan putus asa. Kepada orangtua, pendidik, dan lembaga pemerhati anak, terutama mahasiswa PIAUD IAI Al-Qodiri Jember, saya berpesan teruslah membangun optimisme anak di tengah kondisi pandemi ini. Bimbinglah mereka agar tetap menjadi anak-anak Indonesia Sehat, Cerdas dan Ceria”. Ujar bunda Luluk Mukaromah, M.Pd selaku Kaprodi PIAUD IAI Al-Qodiri dalam sambutannya melalui video zoom. (Sr/Ar)