SEKILAS INFO
19-07-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
11
Okt 2021
0
Webinar Internasional IAI Al-Qodiri Jember dengan Universitas Internasional Amerika Somalia

Jember, (11/10/21) IAI Al-Qodiri Jember bekerjasama dengan Universitas Internasional Amerika di Somalia mengadakan Webinar dengan mengangkat tema Pembelajaran Bahasa Arab dan Perannya di Masa Mendatang.

WK I IAI Al-Qodiri dengan Dr. Muhammad Husain Abdillah Rektor Universitas Internasional Amerika

IAI Al-Qodiri yang di wakili oleh Wakil Rektor I Bapak Dr. Zainal Arifin, M.Pd.I dalam sambutannya menyatakan beliau sangat gembira dan antusias dengan adanya kerjasama ini. Dr. Muhammad Husain Abdillah yang merupakan Rektor Universitas Internasional Amerikapun menyambut dengan baik kerjasama yang terjalin antar kedua kampus.

Wakil Rektor I Bapak Dr. Zainal Arifin, M.Pd.I dalam Sambutan Webinar Internasional

Selain itu, Wakil Rektor IAI Al-Qodiri menerangkan bahwa IAI Al-Qodiri memberikan perhatian yang besar dalam pembelajaran bahasa Arab, sebab bahasa Arab merupakan salah satu kunci dalam penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi terutama ketika berkomunikasi terutama dengan Negara-negara Timur Tengah dan Afrika.

Suasana Webinar

Beliau mengatakan, “Orang-orang yang mengetahui bahasa suatu kaum, maka akan selamat dari tipu daya mereka. Oleh karena itu, IAI Al-Qodiri Jember dalam pendidikannya memberikan pengajaran bahasa arab di semester awal untuk semua program studi yang ada di IAI Al-Qodiri Jember.

Pemateri pertama Dr. Walid Sya’ban As-Syadili menjelaskan pentingnya belajar bahasa arab, peran bahasa arab dalam mengembangkan kemahiran seseorang sebagai mahluk individu maupun sosial. Beliau menjelaskan sebuah keluarga yang memperpelajari dan memberikan perhatian besar dalam mempelajari bahasa arab, harus memulai dengan mengajarkan anak-anak mereka untuk fasih dalam melafalkan bahasa arab dengan memasukkan mereka ke Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawaiyah dan Madrasah Aliyah bahkan sampai lulus perguruan tinggi, sampai mereka mampu mengusai bahasa arab dan bermanfaat untuk agama dan bangsa. Tapi yang paling penting, dan tidak boleh dilupakan adalah membiasakan anak-anak kita untuk membaca al-quran dan menghafalkannya. Karena Al-Qur’an adalah satu-satunya media yang dapat menjadikan lisan anak kita fasih dalam berbahasa arab sejak kecil, dan  dapat menjadika meraka benar dalam berbicara, serta selamat akalnya.

Kaprodi PBA IAI Al-Qodiri Jember Hasyim Asy’ari, M.Pd.I Ketika memaparkan Materinya

Pemateri kedua, yakni Hasyim Asy’ari, M.Pd.I yang merupakan Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab IAI Al-Qodiri Jember menyampaikan materinya dengan judul “Tantangan dan peluang pengajaran bahasa Arab di Indonesia”. Pertama, beliau menjelaskan tentang kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh pengajar dan pembelajar bahasa arab di indonesia antara lain dari aspek kebahasaan yaitu: a) aspek penulisan, hal ini terjadi karena perbedaan yang ada antara kemahiran menulis yang ada dalam bahasa arab dan bahasa indonesia.b) aspek pengucapan huruf-huruf tertentu. c) perbedaan tingkat morfologi dalam bahasa arab dan bahasa indonesia. Yang kedua adalah kesulitan dalam aspek metodologis, yaitu:  a) kurikulum ; b) tujuan pembelajaran ; c) aspek materi pelajaran ; d) perbedaan kemampuan peserta didik ; e) dan kurangnya media pembelajaran. Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa banyak peluang yang tersedia bagi para pembelajar bahasa arab, antara lain: a) sebagai penerjemah; b) penulis buku ajar bahasa arab; c) Pendidik; d) Asisten Peneliti; e) guide/ pemandu wisata, dll.

Dr. Nurul Yakin, M.Pd.I Kepala LP3M dan Dosen tetap Prodi PBA IAI Al-Qodiri Jember dalam penyampaian Materi Webinar Internasional

Pemateri ke tiga adalah Dr. M. Ainul Yaqin, M.Pd.I. sekaligus Kepala LP3M IAI Al-Qodiri Jember. Dalam acara Webinar Internasional ini, beliau menjelaskan tentang tujuan, manfaat dan metode pembelajaran bahasa arab di masa mendatang. Pertama beliau menjelaskan bahwa tujuan dan manfaat pembelajaran bahasa arab adalah untuk memahami hukum-hukum syari’at, sebagai alat komunikasi, dan bermanfaat juga dalam penggunaan teknologi modern untuk mengajar bahasa Arab. Yang kedua beliau menjelaskan tentang tata cara mengajarkan bahasa arab yang meliputi pengajaran empat maharoh, yakni a) Maharoh istima’; b) Maharoh kalam; c)maharoh qira’ah; d) dan maharoh kitabah. (Er/Sr)

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111