Transformasi Alih Status Universitas Islam (UI) Al-Qodiri Jember

JEMBER – Institus Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember sedang melakukan proses transformasi alih status menjadi Universitas. Untuk mendapatkan masukan dan pengalaman terkait alih status tersebut, jajaran pimpinan dan pengelola IAI Al-Qodiri Jember yang terdiri dari Dr. Muhammad Ainul Yakin, M.Pd.I selaku Ketua Lembaga Penelitian, Publikasi Ilmiah dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP3M) sekaligus Ketua Tim Alih Status Universitas. Muhammad Ansori, M.Pd.I selaku Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) sekaligus Sekretaris Tim Alih Status Universitas beserta anggota Tim Alih Status Universitas yang terdiri dari Kaprodi dan Kabiro IAI Al-Qodiri Jember yang dinahkodai oleh Wakil Rektor 1 Dr. Zainal Arifin, M.Pd melakukan kunjungan studi banding sekaligus melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Kraksaan Probolingo, Senin, (24/8/2020).

Studi banding dan kerjasama ini merupakan langkah nyata dari Rektor IAI Al-Qodiri Jember Bapak Dr. Asmad Hanisy, S.Pd.I., MM. beserta Jajaran Pimpinan IAI Al-Qodiri Jember untuk mempersiapkan diri, memantapkan fikiran dan tenaga yang dibarengi dengan melangkah pasti menuju transformasi alih status ke jenjang Universitas Islam (UI) Al-Qodiri Jember pada Tahun 2023.

Kunjungan ini diterima dengan baik oleh Rektor Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Bapak Dr. Abd Aziz Wahab, M.Ag beserta Jajaran Pimpinan dan Civitas Akademika UNZAH. Rektor UNZAH mengaku selalu terbuka bagi siapa saja yang ini belajar dan berbagi pengalaman khususnya terkait dengan alih status tersebut.

Dalam sambutanya Bapak Rektor UNZAH mengatakan, “Kampus kami merupakan kampus pertama atau Universitas Swasta pertama di Indonesia yang berada langsung dibawah naungan Kementarian Agama”. Beliau menambahkan pola kerja yang diterapkan UNZAH yakni selalu memiliki target-target yang pasti pada setiap unit kerja pada Triwulannya. Kemudian kunci utama dari lancar dan tercapainya alih status UNZAH yang merupakan SOP yaitu disetiap kesempatan dan kegiatan apapun, terutama pada kegiatan Akademik dan Rapat selalu diawali dengan melakukan Tawassul kepada para Masyayikh.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Dr. Zainal Arifin, M.Pd yang mewakili rombongan dari IAI Al-Qodiri Jember, beliau memaparkan bahwa selain melakukan silaturahmi, beliau sengaja membawa Jajaran Pimpinan dan Pengelola IAI Al-Qodiri Jember untuk nyantri ke UNZAH terkait kiat-kiat transformasi alih status UNZAH. Beliau juga menjelaskan proses yang telah, sedang dan yang akan dilakukan oleh IAI Al-Qodiri Jember. (Sr/Ar).