SEKILAS INFO
23-06-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
10
Jun 2024
0
Session#10 Membangun Jembatan Persatuan: Pendidikan Multikultural di Sekolah dan Masyarakat

Jember, 10/06/24 Program Studi Pendidikan Agama Islam melanjutkan program praktisi mengajar dengan narasumber Salsabila Widya Fatina., M.Pd yang merupakan praktisi Pendidikan dari Kabupaten Jepara. Dalam pemaparanya beliau mengatakan bahwa di era globalisasi yang penuh keragaman ini, pendidikan multikultural menjadi kunci untuk membangun masyarakat yang harmonis dan inklusif. Pendidikan multikultural bertujuan untuk menumbuhkan rasa hormat dan penghargaan terhadap perbedaan budaya, etnis, agama, dan tradisi.

Di sekolah, pendidikan multikultural dapat diwujudkan melalui berbagai program dan kegiatan, seperti: Mengajarkan materi tentang berbagai budaya dan tradisi. Siswa diajak untuk mengenal dan memahami budaya lain, bukan hanya budaya mereka sendiri. Mendorong interaksi antar siswa dari berbagai latar belakang. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan kelompok, proyek bersama, dan perayaan budaya. Membuat kurikulum yang inklusif dan representatif. Kurikulum harus mencerminkan keberagaman budaya dan pengalaman siswa. Mendorong guru untuk mengembangkan kompetensi dalam pendidikan multikultural. Guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengajar tentang keragaman budaya secara efektif.

Sedangkan di masyarakat, pendidikan multikultural dapat diwujudkan melalui berbagai upaya, seperti: Mengadakan festival budaya dan pameran. Kegiatan ini memungkinkan masyarakat untuk saling mengenal budaya satu sama lain. Membuat program dialog antar budaya. Program ini memungkinkan orang-orang dari berbagai latar belakang untuk bertemu dan bertukar pikiran. Mempromosikan media massa yang inklusif dan toleran. Media massa perlu menampilkan berbagai budaya dan perspektif secara adil dan seimbang. Membuat kebijakan yang mendukung keragaman budaya. Kebijakan ini dapat berupa kebijakan tentang pendidikan, bahasa, dan hak asasi manusia.

Diakhir pemaparanya beliau menyampaikan bahwa Pendidikan multikultural bukan hanya tentang mempelajari budaya lain, tetapi juga tentang mengembangkan rasa empati, toleransi, dan rasa saling menghormati. Dengan pendidikan multikultural, kita dapat membangun masyarakat yang lebih adil, damai, dan sejahtera. (Sr)

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111
    https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/ https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/dist/cache/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/ela/vendor/produk-terlaris/slot-thailand-gacor-hari-ini/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/situs/togel/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/slot88-gacor/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/reza/pulsa/ http://103.183.92.72/products/slot+gacor/ https://sdm.abb.co.id/vendor/produk/slot/gacor/ https://master.bpsdm.jatimprov.go.id/slot-bet-200-gacor/