SEKILAS INFO
23-06-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
1
Mei 2024
0
Session 1# Program Praktisi Mengajar “Pendidikan Gaya Bank”

Jember (01/05/24) Narasumber Bapak Asmain., M.Pd mengawali Program Praktisi Mengajar yang diinisiasi oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember. Beliau membawa materi terkait Pendidikan Gaya Bank adalah istilah yang dicetuskan oleh Paulo Freire, seorang filsuf pendidikan Brasil. Konsep ini mengacu pada pendekatan pengajaran tradisional yang menempatkan guru sebagai sumber utama pengetahuan dan siswa sebagai penerima pasif.

Beliau dalam diskusinya menyatakan bahwa ciri-ciri pendidikan gaya bank meliputi: 1) Guru mengajar, murid diajar: Guru memegang kontrol penuh atas isi dan proses pembelajaran. Siswa diharapkan untuk menghafal dan menerima informasi yang disampaikan guru tanpa mempertanyakannya. 2) Guru mengetahui segala sesuatu, murid tidak tahu apa-apa: Guru dianggap sebagai pakar yang memiliki semua pengetahuan, sementara siswa dianggap tidak memiliki pengetahuan sebelumnya.3) Guru berpikir, murid dipikirkan: Guru menentukan apa yang perlu dipelajari siswa dan bagaimana siswa harus belajar. Siswa tidak memiliki kesempatan untuk berpikir kritis dan mengembangkan ide-idenya sendiri.

4) Guru bercerita, murid patuh mendengarkan: Pembelajaran didominasi oleh ceramah dan presentasi guru. Siswa hanya mendengarkan secara pasif dan tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. 5) Guru menentukan peraturan, murid diatur: Guru menetapkan aturan dan ekspektasi untuk kelas. Siswa harus mengikuti aturan tersebut tanpa berdiskusi. 6) Guru memilih dan memaksakan pilihannya, murid menyetujui: Guru menentukan materi pelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian. Siswa tidak memiliki kesempatan untuk memberikan input atau memilih cara belajar yang mereka sukai.

Dampak negatif dari pendidikan gaya bank: Membosankan dan tidak memotivasi siswa, Menghambat kreativitas dan pemikiran kritis, dan Tidak mempersiapkan siswa untuk dunia nyata. Sebagai alternatif, beliau menyatakan bahwa Freire mengusulkan pendidikan “hadapan masalah” yang lebih dialogis dan partisipatif. Pendekatan ini menekankan dialog antara guru dan siswa, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah. (sr)

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111
    https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/ https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/dist/cache/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/ela/vendor/produk-terlaris/slot-thailand-gacor-hari-ini/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/situs/togel/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/slot88-gacor/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/reza/pulsa/ http://103.183.92.72/products/slot+gacor/ https://sdm.abb.co.id/vendor/produk/slot/gacor/ https://master.bpsdm.jatimprov.go.id/slot-bet-200-gacor/