Ratusan Mahasiswa Baru IAI Al-Qodiri Jember mengikuti Webinar SIAKAD

Jember, IAI Al-Qodiri Jember (23/09/2021) melaksanakan Webinar tentang Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa baru dari berbagai fakultas dan program studi yang berada di kampus IAI Al-Qodiri Jember. Ada 4 Fakultas dan 6  Program Studi yang terdiri dari 1. Fakutas Tarbiyah terdiri Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD). 2. Fakultas Ekonomi Syariah Program Studi Ekonomi Syariah (ES), 3. Fakultas Syariah Program Studi Al-Ahwal Asy-Syakhsiyah (AS) dan 4. Fakultas Dakwah Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Tutorial Generat Pembayaran

Materi webinar yang disampaikan meliputi pengisian biodata pendaftar (data pribadi dan orang tua), upload foto, generate pembayaran UKT, cara melakukan pembayaran UKT, cara melakukan KRS (kartu rencana studi), cara mengecek KHS (kartu hasil studi) dan lain sebagainya.

Tutorial KRS

Ketua pangakalan data IAI Al-Qodiri Jember Bpk Ahmad Rosidi, M.Pd.I mengatakan bahwa dengan adanya SIAKAD (sistem informasi akademik) yang merupakan suatu sistem yang dirancang secara khusus untuk keperluan pengelolaan data akademik mahasiswa dan perguruan tinggi. Data tersebut dirancang dengan penerapan teknologi komputer baik software maupun hardware sehingga kegiatan akademik secara keseluruhan bisa terkelola dengan baik dan bisa dimanfaatkan dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi sekaligus bisa dimanfaatkan dalam pengambilan keputusan lingkungan perguruan tinggi.

Mahasiswa Baru sedang melakukan sesi tanya jawab prihal SIAKAD

Selain memberikan manfaat bagi internal bagi perguruan tinggi, manfaat yang bisa diperoleh bagi mahasiswa dengan kehadiran sistem informasi akademik, antara lain:

  1. Mempermudah setiap mahasiswa IAI Al-Qodiri dalam hal pengisian maupun perbaikan KRS secara online.
  2. Mempermudah sekaligus mempercepat proses registrasi, her-registrasi hingga proses pembayaran UKT atau tagihan yang lain bagi mahasiswa IAI Al-Qodiri.
  3. Memudahkan mahasiswa IAI Al-Qodiri dalam memperoleh data IP maupun IPK per semester, mengetahui informasi jadwal mata kuliah, nilai UTS, nilai tugas, nilai UAS, nilai remedial dan berbagai informasi terkini yang dimuat fakultas atau program studi.
  4. Mahasiswa IAI Al-Qodiri dimudahkan dalam mereview dan memeriksa nilainya melalui SIAKAD mobile
  5. Mahasiswa IAI Al-Qodiri mempercepat serta dimudahkan untuk mengetahui berbagai informasi akademik sebab kapan dan dimana saja dapat mengakses SIAKAD mobile. (Sr)