Prodi PIAUD IAI Al-Qodiri Menyelengarakan Workshop dengan Guru-guru PAUD

Jember, (13/10/21) Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini menyelenggarakan Workshop dengan mengangkat tema tentang bagaimana menjadi guru paud hebat, profesional dan bermartabat. Kegiatan ini terselengara berkat hasil kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya yakni dengan guru-guru PAUD Kabupaten Jember, Lumajang dan Bondowoso.

Kaprodi PAI sedang Menyampaikan Materi

Narasumber pertama sekaligus Kepala Program Studi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember Bapak Syaiful Rizal., S.Pd.I., M.Pd menyampaikan bahwa tantangan guru kekinian semakin kompleks, terutama bagi guru PAUD yang merupakan garda terdepan dalam dunia pendidikan Formal. Pondasi dasar keilmuan atau pendidikan formal berada ditangan guru-guru PAUD.

Guru PAUD yang hebat adalah guru PAUD yang senantiasa MengUpdate rumpun keilmuannya, baik dari segi penguasaan teknologi maupun perangkat pembelajaran. Dengan senantiasa mengikuti perkembangan maka dapat dipastikan pondasi pendidikan formal yang ada di Lembaga PAUD akan berdampak pada pendidikan formal diatasnya, yakni dari SD/SMP/SMA sederajat. Ungkapnya.

Bunda Luluk Mukarromah., M.Pd sedang menyampaikan Materi

Narasumber ke-2 Bunda Luluk Mukarromah, M.Pd sekaligus Kepala Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAI Al-Qodiri Jember. Beliau mengatakan, guru PAUD yang hebat adalah guru yang dapat mengakomodir dan memfasilitasi serta dapat mengembangkan potensi yang ada dalam peserta didiknya. Caranya yakni dengan memaksimalkan strategi, metode dan sumber belajar yang ada di lembaga masing-masing serta tertuang dalam RPPM dan RPPH guru.

Selanjutnya, Jangan pernah merasa minder atau mengeluh terkait sarana dan prasana yang dimiliki oleh lembaganya. Maka sebaliknya, guru harusnya bangga dengan cara yaitu dengan memanfaatkan apa yang dimiliki lembaganya. Dimana guru PAUD harus kompeten dengan 4 kompetensi yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional, ungkapnya. (Sr)