Prodi PAI dan PBA IAI Al-Qodiri menyelenggarakan Workshop dengan Guru-guru PAI dan PBA

Jember, 12/10/21 IAI Al-Qodiri Jember melakukan workshop inovasi pembelajaran PAI dan PBA di masa pandemic covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh guru PAI dan PBA Kabupaten Jember, Banyuwangi dan Lumajang serta mahasiswa PAI dan PBA IAI Al-Qodiri Jember.

Kaprodi Pendidikan Agama Islam IAI Al-Qodiri Jember Bapak Syaiful Rizal, S.Pd.I., M.Pd menjelaskan bahwa pembelajaran PAI dan PBA di lembaga pendidikan menghadapi problematika yang kompleks terutama terdampak dari adanya pandemic covid 19. Maka hal ini memerlukan pembenahan secara teknis dan menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran PAI dan PBA di lembaga pendidikan.

Kaprodi PAI Menyampaikan Materinya

Keadaan sekolah hari ini yaitu terdampak covid-19 memaksa guru PAI dan PBA harus melakukan proses pembelajaran secara inovasi yang dapat memengaruhi proses KBM serta tingkat perkembangan peserta didik dalam merespons materi yang disampaikan. Dengan\ inovasi, kreativitas, dan usaha yang terus-menerus, dapat menemukan cara-cara baru dan dapat menjadikan sesuatu yang lebih baik. Ungkapnya

Bapak Ahmad Rosidi., M.Pd.I memaparkan materinya

Ahmad Rosidi., M.Pd. menyatakan “Problem Solving” pembaharuan pendidikan merupakan upaya yang lebih diminati dan berkembang. Pemberian tugas atau latihan yang tepat, hakikatnya upaya seorang guru memberikan “peluang” bagi siswa untuk terjadi proses belajar dengan maksimal.

Selanjutnya, maka perangkat pembelajaran yakni RPP guru wajib mencerminkan inovasi-inovasi pembelajaran yang dilakukan guru. Baik itu muncul pada strategi, metode ataupun sumber belajar yang sesuai dengan kondisi peserta didik saat ini. (Sr)