PRESTASI LUAR BIASA, 8 DOSEN IAI AL-QODIRI JEMBER MENGALAHKAN 3000-AN DOSEN SELURUH INDONESIA

Prestasi Membanggakan Kampus di Tingkat Nasional ACRP DIKTIS Kemenag RI

JEMBER, IAIQ.AC.ID – Tanggal 17 November 2021, Diktis Kemenag RI mengumumkan para presenter atau pemateri di acara Annual Conference on Reasearch Proposal (ACRP) Tahun 2021. Para presenter tersebut berkesempatan untuk mendapatkan bantuan riset Tahun Anggaran 2022 dari DIKTIS Kemenag RI.

Di antara presenter tersebut, 8 dosen IAI Al-Qodiri Jember dengan 5 karya tulis ilmiah proposal penelitiannya menjadi presenter di acara ACRP Diktis Tahun 2021 tersebut. Mereka mengalahkan 1989 karya tulis ilmiah proposal penelitian dari sekitar 3000-an dosen seluruh Indonesia baik di Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) dan Perguruan Tinggi Umum (PTU) yang mengajukan ke Subdit Penelitan dan Pengabdian Diktis Kemenag RI Tahun 2021.

Adapun nama-nama dosen tersebut adalah Sayyidah Syaehotin, S.HI, M.Pd.I, Dr. M. Ainul Yaqin, S.Pd.I, M.Pd.I, SG.P., Elok Rufaiqoh, S.Pd.I, M.Pd.I, Syaiful Rizal S.Pd.I, M.Pd., Dr. Finadatul Wahidah, S.Pd.I, M.Pd.I, Vikllatus Sholikhah, S.Pd., M.E, Hasyim Asy’ari, S.Pd.I, M.Pd.I dan Dr. Nurul Anam, S.Pd.I, M.Pd.

Rektor IAI Al-Qodiri Jember Dr. H. Asmad Hanisy, S.Pd.I, MM mengatakan, “Ini presetasi luar biasa dan salah satu bentuk rekognisi dosen dan dapat dipergunakan untuk akreditasi prodi dan kampus IAI Al-Qodiri Jember. Ini juga merupakan wujud dari pengakuan dan penghargaan Diktis Kemenag RI kepada dosen-dosen IAI Al-Qodiri yang berjuang untuk lolos menjadi presenter atau pemateri yang di undang di acara ACRP Tahun 2021”, jelasnya.

Tahun 2021 ini, Subdit Penelitian dan Pengabdian Diktis Kemenag RI memberikan kesempatan kepada semua dosen seluruh Indonesia dan luar negeri terutama dosen PTK di bawah naungan Kemenag RI, agar mereka mengirimkan karya tulis ilmiah terbaiknya. Khusus dosen di luar PTK (Dosen PTU dan Luar Negeri), mereka tidak dapat menjadi ketua tim dan hanya dapat menjadi anggota peneliti.

Selain itu, Subdit Penelitian dan Pengabdian Diktis Kemenag RI menyuruh dosen-dosen yang ikut riset ini untuk memasukkan nama-nama mahasiswa ke dalam tim penelitiannya. Ini terbukti saat pendaftaran di Litapdimas yang salah satu isinya adalah pengisian nama mahasiswa yang diikutkan dalam riset dosen tersebut.

Wakil Rektor 1 IAI Al-Qodiri Jember Dr. Zainal Arifin, M.Pd., mengatakan, “Ini perkembangan yang sangat menggembirakan tentang kebijakan Diktis yang sangat bagus ini. Mereka tidak hanya memberikan kesempatan kepada semua dosen PTK, tapi juga memberikan kesempatan kepada seluruh dosen PTU dan luar negeri serta mahasiswa untuk ikut dalam acara ACRP dan kegiatan riset di Tahun Anggaran 2022. Semoga tahun depan semakin banyak para dosen yang lolos dalam ajang kompetisi tingkat nasional atau bahkan internasional ini”, imbuhnya. (an).