PIAUD IAI Al-Qodiri dan IGRA Kab Jember kolaborasi dalam kegiatan Super Camp dan Prasiaga

Jember, (29/10/21) Program Studi pendidikan islam anak usia dini menjajaki tindak lanjut atas kerjasama yang sudah terjalin dengan Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Kabupaten Jember yakni dengan menyelanggarakan kegiatan bersama yakni Super Camp dan Prasiaga guru PIAUD se Kabupaten Jember. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yakni sejak tanggal 29 sampai 30 Oktober 2021 yang berlokasi di Argowisata Gunung Pasang / Boma (Panti Jember).

Kak Khususiyah Shobiyah yang merupakan ketua IGRA Kabupaten Jember sedang menyampaikan sambutannya

Ketua Program Studi PIAUD IAI Al-Qodiri Jember Bunda Luluk Mukarromah, M.Pd mengatakan, “Kegiatan ini terselanggara berkat kerjasama antara Prodi Piaud dengan IGRA Kabupaten Jember. Selain melibatkan Guru RA, peserta kegiatan ini juga melibatkan mahasiswi Prodi PIUAD IAI Al-Qodiri Jember. Total ada 200 peserta yang mengikuti kegiatan pada kesempatan kali ini”.

Kak Syaiful Rizal, S.Pd.I., M.Pd yang merupakan dosen IAI Al-Qodiri Jember sedang menyampaikan materi terkait Kurikulum Prasiaga di PAUD

Ketua IGRA Kabupaten Jember Bapak Khususiyah Shobiyah menjelaskan bahwa Era globalisasi meniscayakan kesiapan seluruh bangsa di dunia untuk beradaptasi dan berkompetisi. Peranan pendidikan termasuk didalamnya kepramukaa sangat penting guna menyiapkan anak bangsa menghadapinya. Pendidikan sepanjang hayat patut diwujudkan karenanya pendidikan tidak dimulai dari usia 7 (tujuh ) tahun, tetapi sejak dini anak-anak Indonesia harus mendapatkan pendidikan termasuk didalamnya penanaman nilai–nilai disiplin, kemandirian, kebangsaan dan nilai lainnya.

Kak Muhammad Soleh, M.HI yang membawakan materi tentang Postur Pembina Prasiaga.

Selanjutnya, Gerakan Pramuka masih dipercaya mampu dan diharapkan terus menjadi wadah pembentukan generasi muda yang menanamkan nilai-nilai positif melalui kegiatan –kegiatan menarik yang mendidik sesuai dengan minat dan kebutuhan peserta didiknya. Ungkapnya

Kak Sri Purwaningsih, S.Pd yang menyampaikan Materi Metode Membina dan Ragam Keterampilan Siaga.

Selama kegiatan berlangsung terdapat 3 Pemateri yang mengisi acara tersebut, selain kegiatan kegiatan kepramukaan. Pemateri pertama adalah Kak Syaiful Rizal, S.Pd.I., M.Pd yang merupakan dosen IAI Al-Qodiri Jember yang menyampaikan materi terkait Kurikulum Prasiaga di PAUD. Pemateri kedua yakni Kak Muhammad Soleh, M.HI yang membawakan materi tentang Postur Pembina Prasiaga. Pemateri Terakhir adalah Kak Sri Purwaningsih, S.Pd yang menyampaikan Materi Metode Membina dan Ragam Keterampilan Siaga. (Sr)