Pembekalan Mahasiswa KKN berbasis ABCD IAI Al-Qodiri Jember

Selasa (03/08/21) IAI Al-Qodiri melaksanakan kegiatan pembekalan kuliah kerja nyata (KKN) di Ruang Rapat Gedung Lama Lantai 1. Sebelum terjun ke masyarakat, para mahasiswa disiapkan terlebih dahulu dalam berbagai bidang keterampilan, sehingga disamping keahliannya sesuai dengan prodi masing-masing, mereka dapat kemampuan untuk dapat mengidentifikasi untuk selanjutnya memberikan solusi pemecahan problem masyarakat, di bawah koordinasi dari Dosen Pembimbing Lapangan yang sudah berpengalaman dalam pendampingan masyarakat.

Pembekalan KKN tahun 2021 dilaksanakan secara offline dan online, yang datang ke kampus hanya perwakilan kelompok yakni koordinator posko dengan prokes ketat tentunya. Anggota posko mengikuti pembekalan dengan cara Online. Sedang jumlah posko yang terbentuk sebanyak 21 posko menyesuaikan domisili dari para peserta yang tersebar di wilayah kabupaten jember dan sekitarnya. Pemilihan sekitar tempat tinggal mahasiswa salah satunya disebabkan penyebaran Virus Corona yang masih melanda di Kabupaten Jember. Ujar ketua panitia KKN tahun 2021 Bapak Dani Firdaus, M.Pd.

 

Dr. Nurul Anam M.Pd selaku pemateri pembekalan mengungkapkan manfaat dari KKN dimasa pandemi ini bagi berbagai pihak.
Pertama bagi komunitas masyarakat memperoleh bantuan tenaga dan pikiran untuk meningkatkan cara berpikir, pengetahuan, dan keterampilannya, sehingga dapat menumbuhkan potensi sumber daya dan selanjutnya berkembang secara mandiri di tengah wabah covid-19. Kedua, Membantu pemerintah dalam memahami potensi dan keinginan komunitas masyarakat untuk memahami kendala maupun solusi yang sesuai dengan kemampuan masyarakat di tengah wabah covid-19.

Beliau melanjutkan bahwa kegiatan KKN berbasis ABCD tahun 2021 bertujuan mengembangkan dan meningkatkan kemampuan komunitas yang ada di masyarakat untuk bersama-sama dalam rangka pencerahan pemikiran, pemberdayaan ekonomi, peningkatan kesadaran keagamaan, peningkatan keterampilan yang sesuai dengan visi, misi dan fungsi PTAI salah satunya IAI Al-Qodiri Jember. (Sr)