PELATIHAN KARYA TULIS PkM UNTUK MAHASISWA YANG MENJADI BAGIAN DARI TIM PkM DOSEN

JEMBER, IAIQ.COM – IAI Al-Qodiri Jember melalui lembaga LP3M mengadakan pelatihan penyusunan karya tulis PkM untuk mahasiswa pada hari senin yang lalu tanggal 12 Oktober 2020. Mahasiswa yang ikut acara ini adalah mahasiswa yang menjadi bagian dari tim PkM dosen IAI Al-Qodiri Jember. Mahasiswa-mahasiswa tersebut berasal dari semua prodi yang ada di IAI Al-Qodiri Jember dan disyaratkan telah mengikuti Matakuliah Pengabdian Masyarakat. Jumlah mahasiswa yang ikut acara ini berjumlah 26 mahasiswa yang berasal dari semua prodi.

Ketua LP3M IAI Al-Qodiri Jember (Dr) M. Ainul Yaqin, M.Pd.I menjelaskan, ”Setelah dosen mengikuti berbagai workshop pengabdian yang diadakan oleh LP3M dan menyusun laporan proposal pengabdian, maka dosen terjun ke lapangan untuk melakukan PkM. Dalam pelaksanaan PkM ini, Dosen dibantu oleh mahasiswa untuk melakukan PkM. Melibatkan mahasiswa ini tiada lain juga bagian dari upaya untuk mendidik mahasiswa saat berada di masyarakat dan melakukan pemberdayaan pada masyarakat”.

Dia menambahkan, “Mahasiswa yang terlibat dalam pengabdian dosen ini diberikan kesempatan untuk mengikuti acara pelatihan ini. Pelatihan ini berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menyusun karya ilmiah PkM agar mahasiswa nanti akhirnya juga bisa membuat karya tulis pengabdian atau PkM. Minimal mereka bisa membantu dosen dalam menyusun karya tulis PkM dosen”, tambahnya saat ditemui di meja kerjanya.

Pelaksanaan PkM dosen diadakan sejak tanggal 31 Agustus 2020 sampai 30 Nopember 2020. PkM dosen ini diikuti oleh seluruh dosen IAI Al-Qodiri Jember yang telah mengusulkan proposal pengabdian dan lulus seleksi dalam mengikuti kompetisi PkM yang diadakan oleh P3M IAI Al-Qodiri Jember Tahun 2020.

Dalam pelaksanaan PkM tersebut, dosen dibantu oleh sebagian mahasiswa untuk melakukan pengabdian. Mahasiswa yang mengikuti pengabdian dosen tersebut diberi pelatihan dalam menyusunan karya tulis ilmiah berbasis PkM. Salah satu misi kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan publikasi mahasiswa di bidang pengabdian. Di bidang penelitian, mahasiswa sudah mulai banyak yang mempublikasikan karyanya dalam jurnal. Sedangkan di bidang pengabdian, tahun ini P3M IAI Al-Qodiri Jember mengharapkan ada mahasiswa yang mampu mempublikasikan karyanya dengan dosen dalam jurnal pengabdian.

Praktek pembuatan laporan PkM Mahasiswa

Pemateri pelatihan karya tulis PkM Bapak Nurul Anam, M.Pd mengatakan, “Pelatihan seperti ini merupakan media yang sangat bagus bagi peningkatan publikasi karya tulis mahasiswa di bidang PkM terutama publikasi karya tulis di dalam jurnal pengabdian. Pelatihan ini mengajarkan mahasiswa untuk menulis karya tulis PkM yang memiliki sistematika dan pendekatan yang berbeda dengan penelitian seperti biasanya. Saya berharap, mahasiswa yang ikut pelatihan ini dapat menyusun karya tulis pengabdian PkM dan hasilnya dapat dipublikasikan di berbagai jurnal pengabdian baik jurnal yang ada di kampus atau di luar kampus”, imbuhnya saat diwawancarai setelah mengisi acara pelatiahan tersebut.

Acara pelatihan karya tulis PkM ini mengindikasikan bahwa kampus IAI Al-Qodiri Jember ini berupaya untuk meningkatkan publikasi mahasiswa di bidang pengabdian. Selama ini, karya tulis mahasiswa yang banyak dipublikasikan di dalam jurnal penelitian adalah karya tulis hasil penelitian baik hasil penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif maupun Risearch And Development (R&D). (an)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami?