Penandatanganan antara Rektor IAI Al-Qodiri Jember dan Direktur Universitas Terbuka

Penandatanganan antara Rektor IAI Al-Qodiri Jember dan Direktur Universitas Terbuka

JEMBER, IAIQ.COM – IAI Al-Qodiri Jember mengadakan kerjasama dengan Universitas Terbuka (UT) dengan ditandai penanda tanganan MoU antara kedua belah pihak pada Hari Selasa Tanggal 2 Februari 2021.  Penandatanganan dihadiri oleh Rektor dan Wakil Rektor IAI Al-Qodiri Jember beserta Direktur dan Pejabat Tinggi yang ada di Universitas Terbuka.

Acara penandatanan Mou ini dilakukan di Kampus IAI Al-Qodiri Jember. Pelaksanaan dilakukan sejak jam 10.00-12.00 WIB. Acara penandatanganin MoU ini juga diselingi dengan perkenalan profil kampus antara kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka.

Wakil Rektor III Bidang Mahasiswa, Alumni dan Kerjasama Dr. Nurul Anam, S.Pd.I, M.Pd mengatakan, “Kegiatan penandatangan MoU ini adalah wujud kerjasama antara pimpinan IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka untuk bersama-sama mengembangkan kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka. Kedua kampus ini memiliki kelebihan dan karakteristik masing-masing. IAI Al-Qodiri Jember lebih identik dengan kampus yang spiritualistik atau sufistik yang menyebarkan ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah yang Rahmatan Lil’alamin. Sedangkan kampus Universitas Terbuka merupakan kampus pelopor pendidikan jarak jauh atau istilahnya pembelajaran daring. Banyak lembaga perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Universitas Terbuka untuk belajar langsung tentang proses pembelajaran daring. Ini juga salah satu misi kampus IAI Al-Qodiri Jember bekerjasama dengan Universitas Terbuka”, Jelasnya.

Prosesi Pemberian Talih Asih antara kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka

Prosesi Pemberian Talih Asih antara kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka

Sebagaimana di dalam isi MoU tersebut  disebutkan bahwa pikah kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka bersama-sama akan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak dalam rangka pengembangan kelembagaan dengan memanfaatkan sumber daya yang dapat disediakan oleh masing-masing pihak dalam bidang-bidang yang disepakati bersama.

Objek dan ruang lingkup kerjasamanya adalah berkaitan dengan adalah pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ruang lingkup kerja sama meliputi: 1) Pendidikan dan Pelatihan; 2) Penelitian dan Karya Ilmiah; 3) Pengabdian masyarakat; 4) Pemberian Beasiswa; dan Bidang-bidang lain yang disepakati oleh para pihak kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka.

Pada Aspek pelaksanaannya, pihak kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka akan mengatur dan menentukan pelaksanaan selanjutnya dari Kesepakatan Bersama ini dengan Perjanjian Kerja Sama melalui pejabat yang ditunjuk dari masing-masing lembaga. Sarana, prasarana dan biaya untuk keperluan pelaksanaan program kerja sama ini akan dibuat dalam Perjanjian Kerja Sama.

Kesepakatan Bersama ini dibuat dan disepakati untuk jangka waktu 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal penandatanganan dan dapat diperpanjang atas kesepakatan pihak kampus IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka. Apabila ada perselisihan, maka segala perselisihan yang timbul karena adanya perbedaan penafsiran terhadap isi Kesepakatan Bersama, maupun karena hal-hal yang tidak tercantum dalam Kesepakatan Bersama ini akan diselesaikan dengan jalan musyawarah untuk mencapai mufakat, dengan semangat kebersamaan dan saling menghormati.

Dari berbagai kesepakatan tersebut, Wakil Rektor III sangat yakin kerjasama ini akan memberikan dampak positif yang sangat besar bagi perkembangan masa depan kedua kampus yaitu IAI Al-Qodiri Jember dan Universitas Terbuka. Kedua kampus saling mengisi antara satu dengan yang lainnya untuk menjadi kampus berbasis online dan menyebarkan nilai-nilai ajaran Islam Aswaja yang Rahmatan Lil’alamin (an).