SEKILAS INFO
29-05-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
18
Des 2023
0
Menggugah Kesadaran Mahasiswa, Melalui Kegiatan Refleksi Akhir Tahun

JEMBER, IAIQ.COM– Pada Hari Rabu Tanggal 18 Desember 2023 Jam 11.00-Selesai WIB, Perkumpulan Mahasiswa Cendekia Baznas IAI Al-Qodiri Jember mengadakan acara ilmiah yang berbentuk Dialektika Interaktif dengan Tema “Refleksi Akhir Tahun:
Introspeksi Dan Aksi Transformatif”. Acara ini diselenggarakan secara Online Zoom. Acara ini juga diikuti oleh seluruh perwakilan mahasiswa Prodi di IAI Al-Qodiri Jember. Adapun pematerinya adalah Dr. Nurul Anam, S.Pd.I, M.Pd. (Warek III IAI Al-Qodiri Jember).
Dr. Nurul Anam, S.Pd.I, M.Pd. sebagai mentor BCB Baznas RI IAI Al-Qodiri Jember dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama IAI Al-Qodiri Jember memberikan penjelasakan beberapa sub materi saat daring tersebut. Adapun materi-materi yang disampaikan, yaitu sebagai berikut. Pertama, introspeksi sebagai calon intelektual. Materi ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang akan menggugah kesadaran mahasiswa BCB IAI Al-Qodiri Jember. Di antara pertanyaan tersebut, yaitu: apa sudah menguasai keilmuan prodi yang sudah ditempuh?; berapa buku, kitab dan artikel jurnal yang sudah dibaca dan dipahami?; apa sudah memiliki prestasi di bidang karya tulis ilmiah?; apa sudah memiliki prestasi di bidang non karya tulis ilmiah?; apa sudah bisa berbahasa Inggris atau bahasa lainnya?; dan apa nilai IPK sudah di atas 3,50?
Kedua, introspeksi sebagai calon aktivis. Materi ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang akan menggugah kesadaran mahasiswa BCB IAI Al-Qodiri Jember. Di antara pertanyaan tersebut, yaitu: apa sudah aktif untuk mengembangkan dan memajukan organisasi?; beberapa kali menjadi ketua, minimal ketua bidang?; berapa banyak jaringan atau kenalan orang-orang yang sukses di bidang politik, hukum, ekonomi, agama, budaya dan sebagainya?; dan berapa sering komunikasi dengan orang-orang yang sukses di bidang politik, hukum, ekonomi, agama, budaya dan sebagainya?
Ketiga, introspeksi sebagai calon entrepreneur. Materi ini berisi tentang pertanyaan-pertanyaan yang akan menggugah kesadaran mahasiswa BCB IAI Al-Qodiri Jember. Di antara pertanyaan tersebut, yaitu: apa anda tidak bermimpi untuk menjadi orang terkaya di dunia dan bermanfaat bagi orang-orang mustadl’afin?; apa saja kreatifitas yang anda kuasai?; apa anda pernah mencoba memulai usaha?; dan berapa kali anda gagal dalam melaksanakan usaha?
Keempat, kunci kesuksesan di masa depan. Materi ini berisi tentang kunci untuk menjadi orang yang sukses. Salah satu kunci sukses yaitu: memiliki pandangan visioner, mempunyai banyak planning yang terukur; memiliki karakter tauhid yang kuat; memiliki karakter Integritas; memiliki karakter kerja keras, tekun dan ulet; memiliki karakter Integritas; memiliki karakter toleran; dan memiliki karakter kolaboratif. Kelima, gerakan aksi transformatif. Gerakan ini berbentuk penggalangan dana, distribusi hasil penggalangan dana dan sebagainya.(an)

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111