SEKILAS INFO
29-05-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
23
Feb 2022
0
Mengembangkat IKT, DEMA Menggandeng LPMA IAI Al-Qodiri Jember

Standarisasi Kompetensi Mengaji Al-Qur’an untuk Mahasiswa

JEMBER, IAIQ.COM – DEMA bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Mutu Al-Qur’an (LPMA) IAI Al-Qodiri Jember mengembangkan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) pada aspek peningkatan kualitas pembacaan Al-Qur’an mahasiswa IAI Al-Qodiri Jember. Peserta yang ikut acara ini berasal dari seluruh prodi yaitu prodi PAI, PBA, PIAUD, ES, AS dan KPI. Acara ini dilaksanakan pada Hari Selasa Tanggal 23 Februari 2022.

Wakil Presiden Mahasiswa DEMA IAI Al-Qodiri Jember mengatakan, “Standarisasi Al-Qur’an untuk mahasiswa merupakan langkah yang sangat bagus untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an. Kegiatan ini bukan formalitas saja, tapi berupaya untuk membantu kampus dalam menyelenggarakan dan mengembangkan indikator kinerja tambahan kampus IAI Al-Qodiri Jember”, tuturnya.

Selain ada Indikator Kinerja Umum (IKU) yang harus dicapai, setiap perguruan tinggi pasti memiliki IKT yang menjadi ciri khas suatu kampus. Sampai saat ini, ada 3 ciri khas kampus IAI Al-Qodiri Jember yang sedang dilaksanakan dan dikembangkan yaitu dzikir manaqib, aswaja, dan Al-Qur’an (membaca, menulis, tahfizd dan sebagainya).

Kegiatan standarisasi Al-Qur’an ini lebih difokuskan pada pelaksanaan dan peningkatan standar membaca Al-Qur’an untuk mahasiswa. Tim yang melakukan standarisasi ini dipimpin oleh Tim Munaqisy Tingkat Kabupaten Jember yaitu Bapak Fajar Abdillah, M.Pd.I.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAI Al-Qodiri Jember Dr. Nurul Anam, S.Pd.I, M.Pd mengatakan, “Kegiatan ini di samping sebagai kegiatan yang harus dilakukan oleh kampus IAI Al-Qodiri Jember, karena ada intruksi langsung dari Ketua Tim Penjamin Mutu Al-Qur’an (TPMQ) Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember Bapak Eko Mulyadi, M.Pd.I, kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan ciri khas kampus IAI Al-Qodiri Jember. Rektor dan pimpinan yang lain sangat mendukung acara ini supaya kampus ini terus berkembang dengan ciri khas yang dimilikinya”, tambahnya.

Pelaksanaan acara ini juga menjadi kegiatan yang diharapkan oleh Tim TPMQ Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember.  Tim TPMQ menginginkan agar semua lembaga yang ada di naungan yayasan Al-Qodiri Jember untuk meningkatkan mutu Al-Qur’an baik untuk dosen maupun mahasiswa, sehingga pada acara ini Ketua Tim TPMQ memantau langsung dan memberikan sambutan saat acara kegiatan ini berlangsung. Dia berharap agar acara ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. (an).

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111