SEKILAS INFO
21-02-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
20
Des 2023
0
MEMPERINGATI HARI BAHASA ARAB SEDUNIA 2023, IAI AL-QODIRI JEMBER MENGADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL

Hari selasa tanggal 19 Desember 2023, IAI Al-Qodiri Jember menggelar acara seminar internasional dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia. Hal ini merupakan salah satu wujud cinta pada bahasa arab. Tema yang diangkat dalam seminar internasional kali ini adalah طرق تعليم اللغة العربية في عصر المجتمع 5.0 للناطقين بغيرها, yakni membahas tentang metode-metode pembelajaran bahasa arab di era society 5.0 untuk non penutur asli bahasa arab. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara virtual melalui zoom dan channel youtube.

Acara ini di ikuti oleh para dosen, mahasiswa dari internal kampus maupun dari luar kampus IAI Al-Qodiri Jember. Sedangkan narasumber dalam acara ini adalah Dr. Nahla ElJack Ibrahim (Minneosota Academy For Languages Learning Turkey), Dr. Amro Muhammad Ahmad (Al-Azhar Mesir), Dr. Mu’allim Wijaya (Universitas Nurul Jadid Paiton), dan Dr. ‘Ainul Yaqin M.Pd.I.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara. Pada kesempatan ini ketua panitia Faizatul Adhimah (mahasiswa S1 PBA) menyampaikan bahwa tujuan diadakan seminar kali ini adalah untuk memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia serta untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan para pengajar serta mahasiswa tentang pembelajaran bahasa arab. Selanjutnya sambutan dari Rektor IAI Al-Qodiri Jember yang dalam hal ini diwakili oleh Ka. Prodi PBA ustadz Hasyim Asy’ari, M.Pd.I. Dalam sambutan beliau menyampaikan selamat datang dan apresiasi kepada para narasumber dari berbagai institusi di indonesia. Selanjutnya beliau menyampaikan pentingnya mempelajari bahasa arab, karena memiliki peranan besar dalam membentuk kebudayaan masyarakat indonesia.

Selesai pembukaan acara dilanjutkan dengan acara inti yakni seminar internasional. Pemateri pertama yaitu Dr. Nahla Eljack Ibrahim menjelaskan tentang المعايير العالمية لتعليم اللغات لإعداد اختبار معياري لقياس الكفاءة اللغوية للدارسين . beliau menjelaskan secara detai standar-tes standar untuk mengukur keterampilan bahasa arab peserta didik. Pemateri kedua, Dr. Mu’allim Wijaya menjelaskan tentang طرق تدريس اللغة العربية التقليدية والحديثة. Beliau menekankan bahwa pembelajaran bahasa arab harus menekankan pada penguasaan maharah kalam bagi peserta didik. Jadi materi tentang tata bahasa / qawaid bahasa arab diajarkan seperunya saja. Peserta didik lebih bayak diajak untuk praktek berbicara bahasa arab. Pemateri ketiga, Dr. Amro Muhammad Ahmad. Beliau mejelaskan tentang طرق تعليم اللغة العربية. Beliau berpendapat bahwa metode pertama yang diajarkan bagi peserta didik tingkat pemula adalah tentang huruf-huruf hijaiyyah, tentang membaca dan menulis dengan baik dan benar. Sedangkan pemateri keempat adalah Dr. ‘Ainul Yaqin. Beliau menjelaskan tentang تعليم اللغة العربية في المدرسة وفي المعهد dan kontribusnya bagi peningkatan kemampuan bahasa arab peserta didik. Kemudian acara seminar ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz Hasyim Asy’ari, M.Pd.I. Akhir kata, semoga acara seminar ini memberikan manfaat bagi para pecinta bahasa arab. Aamiin ya Rabbal ‘Alamin

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111