SEKILAS INFO
23-06-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
10
Jun 2024
0
Mahasiswa PAI IAI Al-Qodiri Pelajari Pencegahan Bullying di SD Nurul Huda Kalisat Jember

Jember, 05 Juni 2024 – Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan implementasi Pendidikan Dasar Anti Bullying di sekolah dasar, mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester 4 Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember melakukan studi banding ke Sekolah Dasar (SD) Nurul Huda Kalisat Jember. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari rabu dengan tema “Belajar Bersama Mencegah Bullying di Sekolah Dasar”.
Studi banding ini diikuti oleh 30an mahasiswa PAI IAI Al-Qodiri yang didampingi oleh dosen pembimbing H. Umar Hasibullah., M.Pd.I beserta dosen PAI lainnya. Rombongan disambut hangat oleh Kepala Sekolah SD Nurul Huda, Faiqotl Lailiyah., S.Pd, dan para guru.

Acara diawali dengan sambutan dari perwakilan IAI Al-Qodiri dan SD Nurul Huda. Dalam sambutannya, mahasiswa menyampaikan bahwa studi banding ini bertujuan untuk mempelajari program dan strategi yang diterapkan SD Nurul Huda dalam mencegah bullying di sekolah.
Selanjutnya, rombongan diajak untuk melihat langsung implementasi program anti bullying di SD Nurul Huda. Mereka mengunjungi berbagai ruangan kelas, melihat poster anti bullying, dan berdialog dengan para siswa tentang pengalaman mereka terkait bullying.

Salah satu program anti bullying yang menarik perhatian mahasiswa adalah program “Sahabat Anti Bullying”. Program ini melibatkan siswa dalam membantu teman-teman mereka yang menjadi korban bullying. Para siswa yang tergabung dalam program ini dilatih untuk menjadi pendengar yang baik, memberikan dukungan, dan melaporkan kejadian bullying kepada guru.

Mahasiswa PAI IAI Al-Qodiri juga berkesempatan untuk berdiskusi dengan guru-guru SD Nurul Huda tentang tantangan dan solusi dalam mencegah bullying di sekolah. Para guru berbagi pengalaman mereka dalam menangani kasus bullying dan memberikan tips-tips untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa.
Di akhir kunjungan, perwakilan mahasiswa menyampaikan terima kasih kepada SD Nurul Huda atas kesempatan yang diberikan untuk belajar dan berbagi pengalaman tentang pendidikan dasar anti bullying. Ia berharap bahwa studi banding ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa PAI IAI Al-Qodiri dalam menerapkan program anti bullying di sekolah-sekolah yang akan mereka kunjungi di masa depan.

Studi banding ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa PAI IAI Al-Qodiri dalam mencegah bullying di sekolah dasar. Dengan demikian, mereka dapat menjadi agen perubahan dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua siswa. (Sr)

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111
    https://coyotebluesvillage.com/ https://monvalleyvistas.com/ https://simwas.inspektorat.lumajangkab.go.id/records/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/deposit/pulsa/tanpa/potongan/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/pulsa/5000/ https://esptpd.purworejokab.go.id/vendor/produk/slot/gacor/hari/ini/ https://shop.smkplusmelati.sch.id/main/slot/thailand/ https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/dist/cache/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/ela/vendor/produk-terlaris/slot-thailand-gacor-hari-ini/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/situs/togel/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/cgi-bin/slot88-gacor/ https://elearning.bpsdm.jatimprov.go.id/reza/pulsa/ http://103.183.92.72/products/slot+gacor/ https://sdm.abb.co.id/vendor/produk/slot/gacor/ https://master.bpsdm.jatimprov.go.id/slot-bet-200-gacor/