JEMBER, IAIQ.COM – Lembaga Publikasi, Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LP3M) IAI Al-Qodiri Jember mengadakan kompetisi penelitian baik Penelitian Berbasis Pengeluaran maupun Pengabdian Berbasis Research. Kegiatan kompetisi penelitian ini akan dilakukan melalui awal tahun samapi akhir tahun 2021.

Kompetisi penelitian ini dikhususkan untuk dosen tetap IAI Al-Qodiri yang sudah Ber-NIDN baik dosen PAI, PBA, PIAUD, ES, AS maupun KPI. Tema penelitian ini berkatian dengan pengembangan prodi IAI Al-Qodiri Jember yang direlevansikan dengan isu-isu mutakhir. Semuai judul penelitian dosen harus berdasarkan dengan ROAD MAP Penelitian tiap prodi yang ada di IAI Al-Qodiri Jember.

Untuk membantu penelitian dosen, LP3M IAI Al-Qodiri Jember mewajibkan dosen peneliti untuk melibatkan mahasiswa dalam membantu penelitian dosen. Pelibatan mahasiswa ini merupakan wujud dari upaya LP3M IAI Al-Qodiri Jember untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kualitas potensi mahasiswa baik dalam penelitian berbasis pengeluaran ataupun pengabdian berbasis research.

Kegiatan penelitian ini dilakukan tiap tahun oleh LP3M IAI Al-Qodiri Jember. Setiap proposal yang lolos seleksi akan mendapatkan dana atau anggaran dari LP3M IAI Al-Qodiri Jember. Dana penelitian paling rendah adalah sejumlah Rp. 10.000.000. Penelitian Berbasis Pengeluaran maupun Pengabdian Berbasis Research dapat diikuti secama mandiri maupun kelompok atau tim, tetapi harus melibatkan mahasiswa dalam semua kegiatannya.

Ketua LP3M IAI Al-Qodiri Jember Dr. M. Ainul Yaqin, M.Pd.I, PGD menyatakan, ”Kompetisi penelitian dan pengabdian ini kami lakukan untuk meningkatkan kualitas dosen dan kualitas prodi IAI Al-Qodiri Jember. Kegiatan penelitian yang pertama kali lakukan. Setelah itu, kegiatan pengabdian. Tema penelitian berdasarkan pada Road Map penelitian setian Prodi. Semua dosen harus menyusun penelitian yang berkaitan dengan tema yang ada di Road Map penelitian dan dikaitkan dengan isu-isu actual”, jelasnya.

Di Bulan Februari ini, LP3M IAI Al-Qodiri Jember mengadakan kompetisi penelitian. Sedangkan kompetisi pengabdian akan dilaksanakan sekitar pertengahan tahun yaitu di antara bulan Mei dan Juli. Kegiatan ini tidak dilakukan bersama, karena supaya berjalan secara efektif kegiatan Penelitian Berbasis Pengeluaran maupun Pengabdian Berbasis Research.

Sebagaimana di dalam pedoman penelitian baik Penelitian Berbasis Pengeluaran maupun Pengabdian Berbasis Research, tujuan kompetisi penelitian ini yaitu: 1) menyelaraskan penelitian di perguruan tinggi (PT) dengan kebijakan dan program pembangunan lokal/nasional melalui pemanfaatan kepakaran Perguruan Tinggi, sarana, dan prasarana penelitian dan atau sumber daya setempat; 2) menjamin Publikasi Ilmiah penelitian unggulan spesifik berdasarkan keunggulan komparatif; 3) mencapai dan meningkatkan mutu sesuai target dan relevansi hasil penelitian bagi masyarakat Indonesia; 4) meningkatkan mutu dan kompetensi para dosen serta budaya ilmiah di Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember Jawa Timur; 5) meningkatkan mutu penelitian dan publikasi ilmiah dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi maupun jurnal internasional; 6) menghasilkan penelitian yang susuai dengan prioritas nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah; 7) mencapai dan meningkatkan mutu sesuai target dan relevansi hasil penelitian bagi masyarakat Indonesia; dan 8) meningkatkan diseminasi hasil penelitian dan perlindungan HKI secara nasional dan Internasional.(an)