LP3M IAI AL-QODIRI MENGADAKAN LANUNCHING JURNAL DAN WORKSHOP PUBLIKASI ARTIKEL PENELITIAN

Ketua LP3M Menyerahkan Jurnal Baru ke Rektor IAI Al-Qodiri Jember

JEMBER, IAIQ.COM – Lembaga Publikasi, Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LP3M) IAI Al-Qodiri Jember mengadakan acara Launching Jurnal Prodi PAI dan Jurnal Pengabdian LP3M serta Workshop Publikasi Artikel Penelitian ke dalam Jurnal On-Line yang Terakreditasi pada hari selasa tanggal 6 Oktober 2020 yang lalu. Acara tersebut dilaksanakan setelah acara Worshop LPM selesai.

Acara launching jurnal dan workshop ini dihadiri oleh semua pimpinan, pengelola dan dosen IAI Al-Qodiri Jember yang berasal dari Prodi PAI, PBA, PIAUD, AS, KPI dan ES. Semuanya civitas akademikia tersebut mengikuti dari awal sampai akhir acara launching dan workshop tersebut.

Ketua LP3M IAI Al-Qodiri Jember (Dr) M. Ainul Yaqin, M.Pd.I menjelaskan, ”Hari ini kami mengadakan dua acara sekaligus, yaitu acara Launching Jurnal (Prodi PAI dan Jurnal Pengabdian LP3M) dan Workshop Publikasi Artikel Penelitian ke dalam Jurnal On-Line yang Terakreditasi. Dengan adanya dua jurnal ini, maka IAI Al-Qodiri Jember memiliki total 6 jurnal. InsyaAllah LP3M akan membuat jurnal lagi khusus untuk prodi Ahwalus Syakhsiyah (AS) dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI). Publikasi ini harus ditingkatkan kuantitas dan kulitasnya. Untuk kualitasnya, saya adakan workshop Publikasi Artikel Penelitian ke dalam Jurnal On-Line yang Terakreditasi. Sedangkan workshop penelitian dan pengabdian sudah dilakukan sebelumnya pada tahun 2020 ini, jelasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Tahun 2020 ini LP3M IAI Al-Qodiri Jember sudah mengadakan: 1) Workshop Penelitian Pada Hari Senin Tanggal 3 Februari 2020 dan Workshop penyusunan Teknik Penyusunan Proposal diadakan pada hari Jumat Tanggal 10 Juli 2020; dan 2) Worshop Pengabdian Pada Hari Selasa Tanggal 11 Februari 2020 Workshop PkM Berbasis ABCD untuk Dosen pada Hari Senin Tanggal 31 Agustus 2020 dan Workshop PkM Berbasis ABCD untuk Mahasiswa pada Hari Selasa-Kamis Tanggal 1-3 September 2020.

Khusus pada acara worshop publikasi ini, Ketua LP3M IAI Al-Qodiri Jember (Dr) M. Ainul Yaqin, M.Pd.I menjadi pemateri tunggal. Dia merupakan satu-satunya dosen yang sangat berpengalaman dalam publikasi penelitian di tingkat nasional dan internasional. Saat acara berlangsung dia memberikan pengetahuan dan contoh bagaimana mengetahui jurnal yang berkualitas atau tidak, cara memasukkan atau mengirimkan tulisan ke dalam jurnal ilmiah online yang terakreditasi sinta dan sebagainya.

Dia menambahkan, “Semua dosen IAI Al-Qodiri Jember harus tahu bagaimana memasukkan ke artikel ilmiah ke jurnal online terakreditasi. Kirim tulisan tidak boleh lewat sms, WA atau e-mail. Semua dosen harus mengikuti alur submit artikel supaya akreditasi jurnalnya meningkat, karena dengan submit seperti ini akan membantu meningkatkan akreditasi suatu jurnal. Dosen juga menyesuaikan sistematika penulisannya sesuai dengan template yang ada di jurnal. Tidak boleh beda. Kalau beda, maka alamat artikel dosen tersebut tidak akan diterima untuk dipbulikasikan di dalam jurnal”, tambahnya.

Dia juga mengharapkan setelah semua dosen mengikuti acara workshop ini, maka semua dosen semakin termotivasi untuk menulis artikel penelitian dan mempublikasikanny ke jurnal penelitian online yang terakreditasi. Publikasi artikel dosen tidak hanya dimasukkan ke jurnal sendiri tapi semua dosen harus memerioritaskan untuk memasukkannya ke jurnal lain. (an)

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami?