Dalam memasuki dunia perkuliahan tentu kita harus mengetahui komponen dan instrumen apa saja yang ada di dalam program studi di perkuliahan yang akan kita tempuh. Selain sebagai monitoring pada materi yang dikaji ke depannya, juga sebagai tolak ukur sejauh mana program studi perkuliahan kita memiliki mutu dan target yang dibutuhkan masyarakat. Berikut merupakan kurikulum yang dikandung pada Program Studi Pendidikan islam Anak Usia Dini di Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember :
No | Semester | Kode MK | Nama Mata Kuliah | Jenis Mata Kuliah | Jumlah sks | Unit Penyelenggara* | Kesesuaian dengan CPL | Perangkat Pembelajaran | ||||
Teori | Praktikum | Praktik | PT | UPPS | PS | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | 11 | 12 | 13 |
1 | 1 | IAIQ008 | B. Indonesia | V | 2 | V | V | V | ||||
2 | 1 | IAIQ002 | Pancasila | V | 2 | V | V | V | ||||
3 | 1 | IAIQ006 | ASWAJA | V | 2 | V | V | V | ||||
4 | 1 | IAIQ009 | B. Arab | V | 3 | V | V | V | ||||
5 | 1 | IAIQ004 | Studi Al-Qur’an | V | 2 | V | V | V | ||||
6 | 1 | IAIQ001 | Teknik Informasi Komputer | V | 2 | V | V | V | ||||
7 | 1 | IAIQ013 | Filsafat Umum | V | 2 | V | V | V | ||||
8 | 1 | IAIQ015 | Akhlak/Tasawuf | V | 2 | V | V | V | ||||
9 | 1 | IAIQ016 | Fiqih� | V | 2 | V | V | V | ||||
10 | 1 | IAIQ021 | Tarbiyatul Manaqib | V | 2 | V | V | V | ||||
11 | 2 | IAIQ003 | Pendidikan Anti Korupsi | V | 2 | V | V | V | ||||
12 | 2 | IAI1005 | Studi Hadits | V | 2 | V | V | V | ||||
13 | 2 | IAIQ007 | Pengantar Studi Islam | V | 2 | V | V | V | ||||
14 | 2 | IAIQ010 | B. Inggris� | V | 3 | V | V | V | ||||
15 | 2 | IAIQ011 | IAD/IBD/ISD | V | 2 | V | V | V | ||||
16 | 2 | IAIQ012 | Ilmu Kalam | V | 2 | V | V | V | ||||
17 | 2 | IAIQ014 | Sejarah Peradaban Islam | V | 2 | V | V | V | ||||
18 | 2 | IAIQ017 | Ushul Fiqih | V | 2 | V | V | V | ||||
19 | 2 | FTK0104 | Tafsir Tarbawi | V | 2 | V | V | V | ||||
20 | 2 | FTK0105 | Hadits Tarbawi | V | 2 | V | V | V | ||||
21 | 3 | FTK0101 | Pengantar Psikologi | V | 2 | V | V | V | ||||
22 | 3 | FTK0102 | Filsafat Pendidikan Islam | V | 2 | V | V | V | ||||
23 | 3 | FTK0103 | Ilmu Pendidikan Islam | V | 2 | V | V | V | ||||
24 | 3 | FTK0107 | Psikologi Belajar | V | 2 | V | V | V | ||||
25 | 3 | FTK0108 | Sejarah Pendidikan Islam | V | 2 | V | V | V | ||||
26 | 3 | PIAUD01 | Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini | V | 3 | V | V | V | ||||
27 | 3 | PIAUD02 | Perkembangan Kognitif Anak� | V | V | 3 | V | V | V | |||
28 | 3 | PIAUD03 | Perkembangan Fisik dan Motorik Anak | V | V | 3 | V | V | V | |||
29 | 3 | PIAUD05 | Perkembangan Bahasa Anak | V | V | 3 | V | V | V | |||
30 | 4 | IAIQ018 | Metodologi Pengabdian Masyarakat | V | V | 2 | V | V | V | |||
31 | 4 | IAIQ024 | KKN | V | 4 | V | V | V | ||||
32 | 4 | PIAUD19 | Penelitian Tindakan Kelas | V | V | 2 | V | V | V | |||
33 | 4 | PIAUD04 | Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak | V | V | 3 | V | V | V | |||
34 | 3 | PIAUD07 | Perkembangan Sosial dan Emosional Anak | V | V | 3 | V | V | V | |||
35 | 4 | PIAUD06 | Perkembangan Seni Anak | V | V | 3 | V | V | V | |||
36 | 4 | PIAUD08 | Bermain dan Permainan Anak | V | V | 3 | V | V | V | |||
37 | 4 | PIAUD09 | Psikologi Perkembangan AUD | V | 2 | V | V | V | ||||
38 | 5 | PIAUD10 | Kurikulum dan Pembelajaran PAUD | V | V | 4 | V | V | V | |||
39 | 5 | PIAUD11 | Inovasi Pendidikan Anak usia Dini | V | V | 4 | V | V | V | |||
40 | 5 | PIAUD12 | Pengelolaan Lingkungan Belajar | V | V | 3 | V | V | V | |||
41 | 5 | PIAUD13 | Manajemen Lembaga PAUD | V | V | 3 | V | V | V | |||
42 | 5 | FTK0107 | Statistik Pendidikan | V | 4 | V | V | V | ||||
43 | 5 | IAIQ19 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | V | V | 2 | V | V | V | |||
44 | 5 | IAIQ20 | Metodologi PenelItian Kualitatif | V | V | 2 | V | V | V | |||
45 | 6 | PIAUD14 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | V | V | 4 | V | V | V | |||
46 | 6 | PIAUD15 | Pendidikan Keluarga | V | 4 | V | V | V | ||||
47 | 6 | PIAUD16 | Kesehatan dan Nutrisi | V | V | 3 | V | V | V | |||
48 | 6 | PIAUD17 | Advokasi dan Perlindungan Anak | V | V | 3 | V | V | V | |||
49 | 6 | PIAUD18 | Desain Konten Digital | V | V | 4 | V | V | V | |||
50 | 6 | PIAUD20 | Asesmen Pembelajaran PAUD | V | V | 2 | V | V | V | |||
51 | 6 | FTK0109 | Micro Teaching | V | V | 2 | V | V | V | |||
52 | 7 | IAIQ022 | Kewirausahaan | V | V | 2 | V | V | V | |||
53 | 7 | PIAUD24 | Bimbingan dan Konseling AUD | V | V | 2 | V | V | V | |||
54 | 7 | IAIQ023 | PKL/PPL | V | 4 | V | V | V | ||||
55 | 7 | PIAUD21 | Qashasul Qur�an | V | 2 | V | V | |||||
56 | 8 | IAIQ025 | SKRIPSI | V | 8 | V | V | V |