KERJASAMA DENGAN KBRI RIYADH, IAI Al-QODIRI JEMBER MENGADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL

JEMBER, IAIQ.COM – IAI Al-Qodiri Jember mengadakan acara seminar internasional dengan media zoom pada Hari Senin Tanggal 14 September 2020 Jam 14.00 Wib. Acara ini terlaksana berkat komunikasi dan kejasama dengan KBRI Riyadh Arab Saudi yaitu dengan Bapak Ahmad Ubaidilah, M.A, Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh Arab Saudi.

Pada acara tersebut, Rektor IAI Al-Qodiri Jember Dr. H. Asmad, S.Pd.I, MM. menjadi opening speaker. Presenters utamanya adalah Bapak Ahmad Ubaidilah, M.A, Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh Arab Saudi. Sedangkan Moderatornya adalah Ketua Prodi PBA M. Hasyim Asy’ari, M.Pd.I.

Rektor IAI Al-Qodiri Jember Dr. H. Asmad, S.Pd.I, MM menjelaskan, “Acara ini merupakan langkah strategis kampus untuk bekerjasama dengan lembaga-lembaga Internasional di luar negeri. Salah satu kerjasamanya adalah dengan KBRI Riyadh Arab Saudi Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk saat ini, hasil kerjasama ini diawali dengan acara seminar internasional dan InsyaAllah akan diteruskan dengan komunikasi tentang beasiswa luar negeri di Arab Saudi, pertukaran mahasiswa dan dosen, dan kerjasama-kerjasama lainnya”, jelasnya saat penyampaian opening speaker pada acara tersebut.

 Setelah opening speaker tersebut selesai disampaikan oleh Rektor IAI Al-Qodiri Jember, maka acara berikutnya penyampaian materi oleh pemateri internasional yaitu Bapak Ahmad Ubaidilah, M.A, Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh Arab Saudi. Dia mengawali penjelasannya dengan menyampaikan kondisi di Arab Saudi yang sangat panas, perkembangan politik dan pemerintahan Arab Saudi yang sangat bagus termasuk juga peluang pendidikan di Arab Saudi.

Dia mengatakan, “Banyak peluang yang dapat diambil pada apek pendidikan. Pemerintahan Arab Saudi memberikan banyak peluang untuk beasiswa dan kuliah di kampus terkenal dan standar Internasional di Arab Saudi. Arab Saudi sangat welcome terhadap generasi bangsa Indonesia yang ingin kuliah di Arab Saudi. Perguruan tinggi di Arab Saudi tidak identik dengan perguruan tinggi agama saja, tetapi perguruan tinggi di Arab Saudi juga memiliki fakultas-fakultas sains dan tekonologi yang dapat dimanfaatkan oleh generasi-generasi muda yang ingin kuliah di Arab Saudi”, tambahnya saat penyampaian materi itu berlangsung.

Acara tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Banyak pertanyaan yang disampaikan ke pemateri dan dijawab dengan lengkap dan jelas. Selesainya acara ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi kampus IAI Al-Qodiri Jember yang berupaya untuk meningkatkan kerjasama internasional.

Wakil Rektor Bidang III Nurul Anam M.Pd menyatakan, “ Kesuksesan acara ini sangat terasa manfaatnya bagi kampus IAI Al-Qodiri Jember. Selain mendapatkan ilmu, acara ini menunjukkan bahwa kampus IAI Al-Qodiri Jember sedang berusaha meningkatkan kerjasama internasional dengan lembaga-lembaga di Luar Negeri agar kampus ini mencapai misi idealnya yaitu menjadi kampus yang berstandar internasional. Kami berterimakasih terhadap Bapak Ahmad Ubaidilah, M.A, Ph.D selaku Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Riyadh Arab Saudi yang telah menjalin kerjasama dengan kampus ini”, jelasnya saat ditemui saat acara internasional sudah selesai.

Acara ini membuat kampus IAI Al-Qodiri semakin menambah kerjasama inernasionalnya dengan lembaga-lembaga yang ada di luar negeri. Ini tiada lain karena misi utama dan ideal kampus IAI Al-Qodiri Jember adalah menjadi kampus yang berstandar internasional dan dapat berkompetisi di tingkat internasional (an). 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Hubungi Kami?