Kabag Perencanaan Sekretariat Ditjen Pendis Kemenag RI akan Bantu IAI Al-Qodiri untuk Menjadi High Class University

Kabag Perencanaan Sekretariat Ditjen Pendis Kemenag RI akan Bantu IAI Al-Qodiri untuk Menjadi High Class University

JEMBER, IAIQ.COM – Kabag Perencanaan Sekretariat Ditjen Pendis Kemenag RI Bapak Ridwan, M.Pd.I akan membantu IAI Al-Qodiri Jember untuk mewujudkan Kampus Universitas Islam Standar Internasional. Dia menyampaikannya saat menghadiri acara Stadium General Perencanaan Pengembangan PTKIS di Aula Mini IAI Al-Qodiri Jember pada Hari Jumat Tanggal 08 Januari 2021.

Tema acara studium general ini adalah berkaitan dengan Inovasi Perencanaan Pengembangan Lembaga PTKIS Menjadi Lembaga Perguruan Tinggi Berstandar Nasional dan Internasional. Studium general ini dihadiri oleh seluruh Civitas IAI Al-Qodiri Jember kecuali mahasiswa.

Acara ini dimulai dengan pembukaan yang dipimpin langsung Warek II bidang Admenistrasi Umum, Keuangan dan Sarana Prasarana Fathur Rahman, M.Pd.I. Kemudian, acara ini juga didahului dengan sambutan oleh Rektor IAI Al-Qodiri Jember Dr. Asmad, S.Pd.I, M.M.

Pada saat acara inti, Bapak Kabag Perencanaan Sekretariat Ditjen Pendis Kemenag RI ini menyampaikan bahwa suatu perguruan tinggi termasuk IAI Al-Qodiri Jember yang ingin mewujudkan cita-cita Kyai Muzakky Syah untuk menjadi Universitas Islam Al-Qodiri Jember (UI Al-Qodiri Jember) yang Berstandar Nasional dan Internasional harus melakukan perencanaan kelembangan yang sangat bagus dan terarah baik RIP, Renstra, Renop maupun perencanaan kelembagaan lainnya. Perencanaan kelembagaan ini harus dilakukan terlebih dahulu.

Bapak Kabag yang pernah menjadi Kabag Perencanaan di UIN Malang yang sukses dalam mengembangkan UIN Malang menjadi kampus standar Internasional menghimbau, “Perencanaan kelembagaan yang telah dibuat oleh kampus ini baik itu RIP, Renstra, Renop maupun lainnya segera diberikan ke saya. Saya akan membantu mengevaluasi terhadap perencanaan lembaga kampus ini. Ini penting dan sangat stragis untuk segera dilakukan supaya nanti kampus ini menjadi kampus atau universitas Islam yang high standar nasional dan internasional’, imbuhnya saat acara stadium general berlangsung.

Partisipasi aktif Bapak Ridwan, M.Pd.I yang juga sebagai alumni Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember sangat baik bagi pengembangan kualitas IAI Al-Qodiri Jember untuk mencapai standar High Class University baik di tingkat nasional maupun internasional.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Nurul Anam, S.Pd.I, M.Pd mengatakan, “Pak Ridwan ini sangat sibuk, tapi sesibuk-sibuknya beliau, beliau masih berusaha untuk membantu kampus ini agar nanti menjadi kampus yang mempunyai standar High Class University di tingkat Nasional dan Internasional. Apalagi, beliau juga tahu bahwa dari dulu Pendiri dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember menginginkan agar di pesantren ini ada lembaga Universitas Islam. Bagi saya, ini mungkin menjadi semangat Pak Ridwan untuk mewujudkan keinginan dan visi beliau”, jelasnya.

Pak Ridwan berkunjung ke Pesantren Al-Qodiri hampir tiap tahun. Selain dia berkunjung ke Kampus IAI Al-Qodiri Jember, Pak Ridwan juga menghadiri acara temu alumni Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Selain membantu untuk mengevaluasi perencanaan dan pengembangan kampus, Pak Ridwan juga selalu memberikan semangat kepada kampus untuk meningkatkan kualitas dan mewujudkan visi dari pendiri dan pengasuh Pesantren Al-Qodiri Jember KH. Achmad Muzakki Syah. (an).