IAI Al-Qodiri Jember Menerima 2 Mahasiswa Program MBKM Santri Pertukaran Pelajar dari STAI Salahuddin Pasuruan

Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember menerima 2 mahasiswa tamu dari Sekolah Tinggi Agama Islama (STAI) Salahuddin Pasuruan untuk mengikuti pertukaran santri dalam program Merdeka Balajar Kampus Merdeka atau MBKM Santri pada Senin (2103/2022) secara Luring di Ruang pertemuan Kampus IAI Al-Qodiri.

Program Pertukaran Santri dilaksanakan untuk bertukar pengetahuan, budaya dan tradisi pesantren, softskill mahasiswa santri dalam berbagai bidang, dan memberikan wawasan baru yang tentunya antar perguruan tinggi dan pesantren memiliki kekhasan masing-masing.

Program ini dilakukan dengan mekanisme pertukaran santri antar perguruan tinggi pesantren se-Tapal Kuda selama satu semester, yang SKS-nya dapat direkognisi maksimal 20 sks.

Rektor IAI Al-Qodiri Jember, Dr. Asmad, S.Pd.I, MM mengatakan Kegiatan ini merupakan respon positif dari kebijakan Program Kemendikbudristek RI tentang kebijakan Merdeka Belajar yang diluncurkan olah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadim Makarim dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek RI Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D pada 30 November 2021.

Kegiatan MBKM pertukaran santri ini merupakan salah satu dari 6 rangkaian program MBKM santri lainnya yaitu Santri Mengabdi, Santri Mengajar, Santri Patriot, Santri Peduli dan Santripreneur yang juga dicanangkan oleh Forum Pimpinan PTKIS Zona Tapalkuda. Disamping itu, Program MBKM santri ini merupakan program yang pertama yang dilaksanakan oleh PTKIS khususnya zona Tapakuda melihat program serupa yang berada dibawah Kemendikbud yang telah berjalan 4 semester. Jadi hanya PTKIS Tapalkuda yang berani menjalankan program tersebut dengan segala keterbatasannya, “imbuhnya.

DPL sekaligus Ka.Prodi PAI IAI Al-Qodiri Jember, Syaiful Rizal dalam sambutannya mengatakan bahwa kami selaku tuan rumah sangat berterimakasih kepada STAI Salahuddin Pasuruan yang telah menaruh kepercayaan kepada kami dengan menempatkan mahasiswanya di Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember dan juga mengharap kerjasamanya demi kelancaran dan kesuksesan program MBKM ini terutama terkait konversi nilai nantinya.

Ungkapan terimakasih senada juga diutarakan oleh Wakil Ketua I STAI Salahuddin, Suadi, S.Ag, M.Pd.I karena pihaknya telah diterima dengan sambutan yang sangat baik di Al-Qodiri Jember. Selain daripada itu harapan yang sangat dalam adalah bagaimana program ini benar-benar bisa dilaksanakan dengan baik meski kami sadar bahwa PTKIS sangat terbatas baik dari segi materi maupun non materi dan juga berharap agar mahasiswanya yang berada di IAI Al-Qodiri Jember dapat dibimbing dan dibina selayaknya santri di Al-Qodiri sehingga sepulangnya dari Al-Qodiri membawa oleh-oleh yang banyak yang dapat diaplikasikan dan dipraktikkan di Lembaga kami, imbuhnya”.

Diakhir acara, kegiatan sosialisasi akademik yang disampaikan oleh Ka.Prodi PAI dan sosialisasi tata tertib pesantren yang disampaikan oleh Siti Safiqoh selaku pengurus putri dan Mudaffar Izzul Hasan  selaku pengurus putra kemudian ditutup dengan doa yang dibacakan wakil ketua STAI Salahuddin, Suadi, S.Ag, M.Pd.I. (h.a)