IAI Al-Qodiri Jember Bekerjasama dengan King Saud University Mengadakan Webinar Internasional Bahasa Arab

JEMBER, IAIQ.COM – IAI Al-Qodiri Jember melanjutkan kerjasama dengan King Saud Unversity, Riyadh Saudi Arabia dengan mengadakan acara seminar internasional melalu media virtual pada Hari Jumat Tanggal 25 Desember 2020 Jam 13.00 Wib-Selesai dengan Tema Tren Pengajaran Bahasa Arab di Tengah Wabah Virus Corona.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAI Al-Qodiri Jember Dr. Nurul Anam, S.Pd.I, M.Pd mengatakan, “Pelaksanaan seminar Internasional ini merupakan kelanjutan dari kerjasa sebelumnya. Sekitar Tahun 2019-2020 ada salah satu dosen IAI Al-Qodiri Jember yang bernama Dr. M. Ainul Yaqin, M.Pd.I yang diberi kesempatan oleh King Saud University, Riyadh Saudi Arabia untuk memperluas dan mendalami keilmuannya di universitas tersebut. Kampus IAI Al-Qodiri Jember mengirimkan surat ke kampus tersebut dan mengizinkan Pak Yaqin untuk mengembangkan keilmuannya di kampus tersebut”, ujarnya saat ditemui di kantornya.

Dia menambahkan, “ Kerjasama ini semoga semakin terus berkembang. Acara seminar Internasional ini contohnya dapat menjadi salah satu upaya untuk mengembangkan kerjasama ini. Acara seminar internasional ini diselenggarakan oleh HMJ PBA IAI Al-Qodiri Jember. Meskipun demikian, webinar ini bukan hanya untuk  mahasiswa PBA tapi juga semua mahasiswa IAI Al-Qodiri Jember karena Matakuliah Bahasa Arab diajarkan keseluruh prodi yang ada di IAI IAI Al-Qodiri Jember”, tambahnya.

Acara internasional ini di desain dengan menggunakan media webinar, sehingga acara ini disebut juga webinar internasional. Tema acara webinar internasional ini adalah  اتجاهات تعليم اللغة العربية في وبا الكورونا المستجد . Pematerinya barasal dari King Saud University Riyadh Arab Saudi yang bernama Aliou Ka dan Agus Mujib. Agus Mujib ini juga berasal dari Indonesia dan sekarang masih ada di Universitas ini. Sedangkan moderatornya adalah Dosen Dosen Bahasa Arab IAI Al-Qodiri Jember yang bernama Dani Firdaus M.Pd.

Pelaksanaan webinar ini juga merupakan salah satu wujud dari IAI Al-Qodiri Jember terutama Prodi Bahasa Arab dalam mensukseskan acara Hari Bahasa Arab Internasional yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2020.

Webinar Internasional ini juga diadakan untuk menyelesaikan persoalan Bahasa Arab di tengah Virus Corona yang melanda di Indonesia. Kaprodi PBA Hasyim Asy’ari, M.Pd.I mengatakan, “Tujuan diadakannya Webinar Internasional Hari Bahasa Arab Dunia adalah untuk mengatasai belajar dan mencari solusi (inovasi) pembalajaran Bahasa Arab pada masa Pandemi. Mengingat tantangan dan banyaknya problem pembelajaran di masa Pandemik saat ini membuat pembelajaran Bahasa Arab khususnya (mengembangkan 4 keterampilan Bahasa Arab) menjadi tersendat”, Jelasnya saat diwawancari melalui media Whatshapp.

Penjelasan di atas diperkuat dan ditambahkan oleh Ketua Panitia yang bernama Nurur Rifqi Afandi yang mengatakan, “Tujuan diadakannya seminar ini supaya para peserta webinar khususnya mahasiswa mendapatkan pengalaman baru didalam kondisi yang baru pula yakni di masa pandemi seperti sekarang ini. Pembahasan di dalam webinar internasional tersebut adalah bagaimana strategi pembelajaran Bahasa Arab di masa pandemi sekarang ini dan seperti apa peran mahasiswa khususnya mahasiswa bahasa Arab beserta dosen dalam menghadapinya”, ungkapnya.

Dia menambahkan, “Manfaat diadakannya webinar internasional ini para peserta diberikan pengalaman lebih terutama dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Arab langsung dengan penutur aslinya sendiri.  Harapan kedepannya acara ini dapat memberikan kontribusi besar juga bermanfaat terhadap kampus terutama agar semakin berkembang dan terus maju dalam meningkatkan keilmuan para mahasiswa untuk menjadi mahasiswa yang berintelektual, kreatif, inovatif dan inspiratif”, imbuhnya.

Dengan demikian, acara webinar internasional ini diharapkan akan menjadi media yang sangat baik dalam menyelesaikan problem pembelajaran bahasa Arab dan dapat menjadi kontribusi yang sangat signifikan bagi inovasi pembelajaran Bahasa Arab di tengang virus Corona ini (an).

 

 

 

One Reply to “IAI Al-Qodiri Jember Bekerjasama dengan King Saud University Mengadakan Webinar Internasional Bahasa Arab”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *