SEKILAS INFO
29-05-2024
  • 3 tahun yang lalu / Diberitaukan kepada seluruh mahasiswa IAI Al-Qodiri Untuk Melengkapi Biodata Mahasiswa di SIAKAD terutama Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • 3 tahun yang lalu / Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023-2024 akan dibuka Mulai Bulan Januari 2024
10
Mar 2023
0
Halal Center IAI Al-Qodiri Gelar Pelatihan Pendampingan Produk Halal Pertama

IAI Al-Qodiri Jember – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam perekonomian nasional. Saat ini daya saing UMKM menjadi perhatian pemerintah pusat maupun daerah. Pengembangan UMKM merupakan bagian dari pembangunan ekonomi jangka panjang untuk mencapai struktur ekonomi yang seimbang. Seiring dengan pertumbuhan UMKM di Indonesia semakin meningkat dan mayoritas penduduk yang beragama Islam, menyebabkan pemerintah menerapkan Undang-Undang No. 33 tahun 2014 Jaminan Produk Halal, dengan ketentuan bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal.
Proses Produk Halal adalah rangkaian kegiatan untuk menjamin kehalalan produk yang meliputi penyediaan bahan, pengolahan, penyimpanan, pengemasan, pendistribusian, penjualan, dan penyajian produk. Pendamping PPH bertugas mendampingi pelaku UMK dalam memenuhi persyaratan kehalalan produk, dalam rangka melaksanakan kewajiban sertifikasi halal. Sebagaimana ketentuan regulasi, Pendampingan PPH dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan Islam atau lembaga keagamaan Islam yang berbadan hukum dan/atau Perguruan Tinggi.
Dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah terutama Kementerian Agama melalui BPJPH dengan memperbanyak Pendamping PPH. Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember bekerjasama dengan LPPM Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengadakan kegiatan Pelatihan Pendamping Proses Produk Halal (PPH). Puluhan calon pendamping PPH yang rata-rata adalah dosen-dosen Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur akan mengikuti pelatihan selama 3 hari dari tanggal 10-11 Maret 2023.Dr. Andi Suhardi, S.T., M.Pd., Dr. Mahmudah, S.Ag., M.E.I., Bayu Sandika, M.Si., Rosita Fitrah Dewi., Moh. Wildan Habibi, M.Pd., dan Abdul Halim, M.HI. menjadi narasumber. Beberapa materi yang disampaikan antara lain Kebijakan dan Regulasi JPH (Jaminan Produk Halal), Ketentuan Syariat Islam terkait Jaminan Produk Halal, Pendampingan dan Pendamping PPH, Pengetahuan Bahan, Dokumen Pendukung Bahan, Proses Produk Halal (PPH), Praktek Pembuatan daftar Bahan & Narasi, Alur Proses Produk Halal Verifikasi dan Validasi. Diskusi dan tanya jawab juga dilaksanakan pada forum diskusi. (AH)

    Alamat

    IAI AL-QODIRI JEMBER

    NPSN : -

    Jl. Manggar No.139A, Gebang Poreng, Gebang, Kec. Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68117
    KEC. Patrang
    KAB. Jember
    PROV. Jawa Timur
    KODE POS 68111