Dosen Al-Qodiri Narasumber Gerakan Literasi 2021 Pemkab Pamekasan

Jember, Selasa (05/10/21) Dosen Tetap IAI Al-Qodiri Jember Dr. M. Ainul Yaqin., M.Pd.I kembali menjadi narasumber pada acara Gerakan Nasional Literasi Digital 2021. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama diantara Kominfo, bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi, Pemerintah Daerah Kabupaten Pamekasan, sekitar 110 lembaga dan organisasi organisasi kemasyarakatan yang akan melakukan secara bersama-sama dengan kerja kolaboratif.

Dr. M Ainul Yaqin, M.Pd.I Menyampaikan Materinya

Materi yang dibawakan oleh Ainul Yaqin yakni “Memahami Pentingnya Menjaga Keamanan Ruang Digital”. Data yang dipaparkan sangat jelas bahwa grafik pengguna internet di Indonesia dari tahun 1998 hingga 2017 meningkat sangat tajam hingga mencapai 143,26 juta penduduk Indonesia. Selain itu, tren pengguna internet via mobile di Indonesia juga tumbuh sangat pesat. Berdasarkan survei yang diperoleh dari Baidu, mesin pencari dari China yang merupakan rival dari Google, Sebanyak 59,9% pengguna internet di Indonesia mengakses dunia maya melalui smartphone. Angka tersebut mengalahkan persentase pengguna yang mengakses internet melalui PC, laptop dan Netbook. Maka Informasi yang merupakan asset yang harus dilindungi keamanannya

Suasana Zoom Literasi Digital 2021

Dengan itu, Ainul Yaqin menjelaskan tentang sikap dan prilaku yang menunjukkan akan kesadaran keamanan digital yang perlu dilakukan oleh masyarakat adalah : 1) Selalu log-off melakukan lock saat computer tidak digunakan, 2) Menolak email dari sumber yang tidak diketahui, 3) Hanya menggunakan software yang authorized, 4) Tidak mengakses media social selama waktu kerja, 5) Dokumen penting yang tidak dibutuhkan lagi harus dimusnahkan dan dihancurkan, dan 6) Selalu waspada dalam mengenali dan mendekati pengguna yang tidak sah (unauthorized)

Sebelum menutup orasinya, Ainul Yaqin yang sekaligus menjabat Ketua LP3M IAI Al-Qodiri menyampaikan dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia menggunakan media digital baik smartphone, PC, laptop dan netbook, kesadaran akan pentingnya keamanan informasi harus tertanam dengan baik. Kemudian, untuk mengukur sikap dan perilaku pengguna media digital dalam mengaplikasikan kesadaran akan keamanan informasi dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu perilaku Sadar akan Keamanan Informasi, perilaku Netral akan Keamanan Informasi dan perilaku Tidak Sadar akan Keamanan Informasi. Dan terakhir setiap individu dalam organisasi memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda terhadap informasi, baik pengguna, pemilik, atau kustodian terhadap informasi. (Sr)