Asesmen Lapangan Daring Akreditasi Prodi PBA IAI Al-Qodiri Jember

Jember, (20/11/2021) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam (IAI) Al-Qodiri Jember melaksanakan Assesmen Lapangan Akreditasi Program Studi yang dilakukan oleh Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Assesmen Lapangan diselenggarakan selama 2 hari, dimulai sejak hari Jum’at sampai hari Sabtu yakni pada tanggal 19 sampai 20 November 2021 dengan Online (daring).

Tim Asesor BAN PT yang melakukan Asessemen Lapangan (AL) yakni Prof. Dr. Drs. Ahmad Thib Raya, BA., MA dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dan Prof. Muhammad Husnan Lubis, MA., Ph.D dari Universitas Sumatra Utara.

Tim dari Program Studi Pendidkan Bahasa Arab dan seluruh jajaran yang menyediakan semua dokumen terkait telah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses AL secara daring ini. Kegiatan berlangsung melalui aplikasi zoom meeting dimana para asesor melakukan asesmen dari tempatnya masing-masing sedangkan Tim dari Program Studi Pendidkan Bahasa Arab bersama-sama menerima visitasi secara daring ini dari Gedung A Lt. 1 ruang rapat IAI Al-Qodiri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan hari pertama AL dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Rektor IAI Al-Qodiri Dr. H. Asmad Hanisy., S.Pd.I., MM, penayangan video profil prodi yang menunjukkan sarana dan prasarana di prodi PBA, serta diakhiri dengan bimbingan teknis dari asesor terkait teknis proses asesmen yang akan dilakukan.

Kegiatan AL dilanjutkan dengan presentasi dari Hasyim Asy’ari., M.Pd.I, selaku Kaprodi PBA dan didampingi oleh Tim Penyusun Borang dan Jajaran Pengelola IAI Al Qodiri. Pada tahap ini asesor menunjukkan apresiasi yang sangat baik terkait informasi yang disampaikan yang sangat mendukung kesesuaian dengan dokumen yang telah dilaporkan namun juga memberikan masukan-masukan yang dianggap perlu dibenahi Unit Pelaksanan Program Studi (UPPS).

Hari kedua AL diisi dengan wawancara terhadap stakeholder Prodi PBA yaitu Dosen, Tenaga Kependidikan, dan mahasiswa. Semua pihak yang diminta menjadi partisipan memberikan keterangannya masing-masing sesuai pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh asesor. Selanjutnya asesor melakukan kerja mandiri untuk merangkum keterangan hasil verifikasi dari semua pihak dan memberikan feedback atas seluruh rangkaian asesmen selama 2 hari ini. Sesi terakhir pada proses asesmen ini pun ditutup oleh Fathor Rahman selaku Wakil Rektor II IAI Al Qodiri.

Diantara feedback yang diberikan asesor disampaikan bahwa perlu ada upaya secara terus menerus memperbaiki layanan dan meningkatkan kinerja UPPS dan Program Studi apalagi prodi ini memiliki potensi SDM yang baik dan tren peningkatan jumlah mahasiswa.(Sr).